RAPAT FORUM BULAN DESEMBER 2023

Painan, 5 Desember 2023

Rapat Forum LLAJ dipimpin oleh Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pesisir Selatan, Bapak Syafrijoni, SH, M.Si, didampingi Kabid Pengembangan dan Keselamatan, Bapak Pesmar, SE, selaku Sekretaris I Forum LLAJ, dan sekaligus sebagai moderator dalam agenda rapat Koordinasi Keselamatan, Kenyamanan dan Kelancaran Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Ada beberapa hal kesimpulan dalam rapat forum untuk menjadikan tindaklanjut dan perhatian bagi seluruh pelaksanaan keselamatan dan keamanan Nataru, antara lain :

  1. Persiapan angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024 dengan skenario pengaturan lalu lintas harus dipersiapkan lebih baik, agar masyarakat yang pulang kampung atau berwisata tetap aman dan mendapatkan pelayanan yang memadai. 
  2. Puncak arus mudik I akan terjadi pada 22-23 Desember 2023, lalu prediksi Puncak Arus Balik I akan terjadi pada 26-27 Desember 2023. Sedangkan prediksi Puncak Arus Mudik II akan terjadi pada 29-30 Desember 2023 dan Prediksi Puncak Arus Balik II akan terjadi pada 1-2 Januari 2024.
  3. Posko-posko keamanan jelang Nataru di tiap titik daerah rawan bencana, kemacetan, dan kecelakaan. Serta dilakukan mitigasi bencana alam dan kebakaran dan mengkoordinasikan langkah-langkah antisipasi penanganannya pada saat terjadi dan pasca bencana alam dan kebakaran.
  4. Merencanakan pelaksanaan monitor Rampcheck angkutan jalan di Minggu ke 3 dan ke 4 Desember 2023, dengan tujuan (1) tercapainya keselamatan dalam pelayanan angkutan umum, (2) menjamin ketertiban administrasi, dan (3) kelaikan jalan kendaraan/sarana.
  5. Tujuan penanganan angkutan Natal dan Tahun Baru 2023/2024, diantaranya (1) menjamin keselamatan lalu lintas, (2)menjamin kenyamanan dan kelancaran lalu lintas, (3) membantu dan mengarahkan system lalu lintas semasa Natal & Tahun Baru dan (4) memberi pelayanan perjalanan masyarakat sesuai kebutuhan.


Rapat Forum Bulan November 2023

Painan, 15 November 2023

Rapat Forum LLAJ dipimpin oleh Kepala Bidang Pengembangan dan Keselamatan, Bapak Pesmar, SE, selaku Sekretaris I Forum LLAJ, dan sekaligus sebagai moderator dalam agenda rapat Koordinasi Pengendalian dan Pengawasan Jaringan Lintas Penyeberangan dan Persetujuan Pengoperasian untuk Kapal yang melayani Penyebrangan Dalam Daerah Kabupaten/ Kota.

Alat keselamatan di laut, antara lain : (1)Life buoy (berbahan fiber komposit plastic ABS/PVC dengan warna orange terang agar terlihat dilautan dan dilengkapi dengan bahan refective untuk Hi-Visibility atau bisa menyala apabila terkena cahaya), (2) Life jacket (jaket pelampung jenis ini perlu pemompaan supaya bisa mengembang dan membantu penggunanya mengapung di laut), (3) APAR (Alat Pemadam Api Ringan), (4) Peralatan P3K, (5) Radio, (6) Kompas dan (7) Echosounder (suatu alat navigasi untuk mengukur kedalaman laut dengan cara mengirimkan gelombang/getaran akustik dari permukaan ke dasar laut yang akan kembali diterima oleh transducer yang terpasang di dasar kapal.

Pas Kecil adalah Surat Tanda Kebangsaan Kapal yang diperuntukan bagi kapal-kapal dengan tonase koror kurang dari GT 7, yang sebagian besar terdiri dari kapal-kapal tradisional dan kapal nelayan.

UU No 33 Tahun 1964 Jo PP No 17 Tahun 1965 tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang Umum menjelaskan korban yang berhak atas santunan adalah setiap penumpang sah dari alat angkutan penumpang umum yang mengalami kecelakaan diri, yang diakibatkan oleh penggunaan alat angkutan umum, selama penumpang yang bersangkutan berada dalam angkutan tersebut, yaitu saat naik dari tempat pemberangkatan sampai turun di tempat tujuan.

Pemberlakuan Asuransi diberikan pada saat penumpang naik ke Kapal terus berangkat hingga penumpang turun dari Kapal, setelah penumpang turun dari Kapal tidak ditanggung lagi. Rute Pulau Cingkuak ke Pulau Simangki tidak ada tiket asuransi, tindakan operator menjelaskan kepada penumpang bahwa tidak ada jaminan asuransi bila ingin ke lokasi dimaksud. Sedangkan untuk Rute Kawasan Wisata Mandeh yang bagian dalam pulau dan bagian luar pulau, pemberlakuannya sama asuransi preminya Rp.2.000,- (ada karcis asuransinya yang harus disesuaikan dengan paket wisata yang ditawarkan).


Rapat Bulanan Forum LLAJ, Oktober 2023

Painan, 18 Oktober 2023

Rapat Forum LLAJ dipimpin oleh Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pesisir Selatan Bapak Syafrijoni, SH, M.Si, didampingi Kabid Pengembangan dan Keselamatan, Bapak Pesmar, SE, selaku Sekretaris I Forum LLAJ, sekaligus sebagai moderator dalam agenda rapat Koordinasi keselamatan  berlalu  lintas  dengan  keberadaan Odong-odong.

Odong-odong disatu sisi kendaraan yang bermanfaat bagi masyarakat, namun kita tidak bisa melegalkan odong-odong sebagai transportasi umum. Dalam situasi ini kita dapat mengatur kapasitas angkutnya, kecepatannya, rute/jarak tempuhnya, dan kita tidak dapat menghentikan operasinya karena sumber pendapatan bagi pemilik odong-odong.Kondisi saat ini daerah kita Kabupaten Pesisir Selatan belum memiliki Perusahaan Otobus resmi selain PO. MIA & PO. HPS, yang tidak menjangkau keseluruh daerah tujuan wilayah kita.

UU Nomor 22 Tahun 2009, odong-odong adalah salah satu pelanggaran lalu lintas, sesuai dengan pasal 277, pasal 285 dan pasal 286 karena sudah berubah bentuk.

Rapat Forum ini bukan sebagai pernyataan untuk melegalkan keberadaan odong-odong di Kabupaten Pesisir Selatan, semata hanya untuk meminimalisir resiko kecelakaan akibat keberadaan odong-odong.

PT. Jasa Raharja tidak menanggung santunan asuransi terhadap musibah yang terjadi kecelakaan odong-odong. Adanya aturan baru klim asuransi tidak diberikan terhadap korban, seperti tidak memiliki SIM, kendaraan tidak teregistrasi, tidak memakai helem, melawan arus, bergoncengan lebih dari 2 orang.

Komunitas odong-odong membuat pernyataan sikap, antara lain:

  1. Membatasi kecepatan di jalan raya, maksimal 25 KM/jam.
  2. Memastikan mesin, rem dan sistem lainnya berfungsi dengan baik.
  3. Tidak melintas jalan perbukitan yang berpotensi kecelakaan (membuat rute perjalanan dengan jelas dimasing-masing kecamatan).
  4. Jumlah penumpang yang harus dibatasi.
  5. Tidak akan menambah armada odong-odong yang baru.

 


Rapat Bulanan Forum LLAJ, September 2023

Painan, 26 September 2023
Rapat Forum LLAJ dipimpin oleh Kabid Pengembangan dan Keselamatan, Bapak PESMAR, SE, selaku Sekretaris I Forum LLAJ, dalam agenda rapat Koordinasi dan sosialisasi keselamatan berlalu lintas bagi pelajar SMP dan SMA se Kecamatan IV Jurai.
Kata pengantar rapat disampaikan Bpk Sekretaris I Forum LLAJ, menginformasikan angka kecelakaan di Indonesi tahun 2022, berdasarkan usia dan tingkat pendidikan SMP & SMA menjadi korban kecelakaan yang paling tinggi.Hal ini faktor penyebab kecelakaan lalu lintas, antara lain ; human error/kesalahan manusia (ngebut dan tidak pakai helm, mengantuk, belum fasih, panik/respon lamban dan mabuk/narkoba.
Faktor yang menyebabkan kejadian kecelakaan yang melibatkan anak sekolah salah satunya dari orang tua. Orang tua siswa tidak menyempatkan waktu untuk mengantar anak kesekolah. Kami usulkan untuk sekolah yang tingkatannya belum layak untuk anak memiliki SIM sebaiknya jangan disediakan tempat parkir sepeda motor. Untuk anak yang naik angkutan umum jangan dibiarkan anak yang menaiki bagian atas kendaraan, kami mohon guru sekolah untuk aktif. Petugas kepolisian sering menjumpai, guru yang tidak tertib juga dalam mengendarai sepeda motor, jadi menmerikan contoh yang kurang baik.
Mohon kita sebagai orang tua dan sebagai pengasuha atau guru mohon bisa memberikan contoh tertib lalu lintas.
Dalam UU No. 22 Tahun 2009, menyatakan bahwa Keselamatan LLAJ, suatu keadaan terhindarnya setiap orang dari risiko kecelakaan selama berlalu lintas yang disebabkan oleh manusia, kendaraan, jalan dan/atau lingkungan, sedangkan Kecelakaan Lalu Lintas, suatu peristiwa di jalan yang tidak diduga dan tidak disengaja melibatkan kendaraan dengan atau tanpa pengguna jalan lain yang mengakibatkan korban manusia dan/atau kerugian harta benda.
a.Untuk menanggulangi kecelakaan yang melibatkan anak sekolah tingkat SMP/SMA, dihimbau agar siswa SMP/SMA diantarkan oleh orang tua siswa untuk berangkat dan pulang sekolah.
b.Larangan siswa SMP/SMA membawa kendaraan bermotor untuk pulang pergi sekolah.
c.Pihak Sekolah SMP/SMA tidak menyediakan tempat parkir sepeda motor.
d.Memberitahukan jika ada oknum warga yang menyediakan lahan parkir sepeda motor untuk dilakukan tindakan.
e.Dibutuhkan transportasi/ angkutan umum untuk siswa/i ditingkat SLTP/SLTA antar jemput kesekolah bekerjasama antara pemerintahan nagari dengan penyedia jasa angkutan.
f.Mengusulkan lahan parkir baru untuk mengantisipasi parkir liar disepanjang perumahan masyarakat dan perkantoran di seputaran Kantor Bupati Pesisir Selatan


Rapat Bulanan Forum LLAJ, Agustus 2023

Painan, 31 Agustus 2023
Rapat Forum LLAJ dipimpin oleh Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Pesisir Selatan Bapak YUSKARDI, S.ST, MT, selaku Ketua IV Forum LLAJ, dalam agenda rapat Koordinasi tanggap darurat bencana alam di sepanjang lalu lintas Kabupaten Pesisir Selatan.
Sambutan Ketua IV Forum LLAJ, informasi dari pengaduan yang masuk terkait bencana alam tanah longsor dan jalan terban, akibat curah hujan yang cukup tinggi, sehingga terganggunya lalu lintas, dan persoalan lain yang mengganggu kenyamana berlalu lintas
Pengaduan masyarakat yang lambat ditindak lanjuti berkaitan dengan beberapa titik tanah longsor di Bukit Pulai Kecamatan Batang Kapas, longsor di Duku Kecamatan Koto XI Tarusan dan Tanah terban di PLTA Tapan.
Dalam penanganan tanggap darurat yang terjadi diwilayah kita Kabupaten Pesisir Selatan, hal ini harus sama-sama kita antisipasi kejadiannya, kami berharap sesuai dengan tupoksi kita masing mencoba mengevaluasi rencana aksi yang akan kita lalukan apabila terjadi musibah di lalu lintas jalan seperti melakukan rekayasa lalu lintas (Buka Tutup), menertibkan masyarakat tidak adanya pungutan liar di lokasi kejadian serta memberikan tanda bahaya (Garis Polisi).
Sekarang ada yang meresahkan masyarakat Salido – Sago dengan adanya balap liar, gimana kita menanggapinya dengan bijak.
b.Dibutuhkan sosialisasi kepada siswa/i ditingkat SLTP/SLTA se Pesisir Selatan prihal Balap liar, penggunaan medsos, pergaulan bebas dan kenakalan remaja lainnya.
c.Mengusulkan lahan parkir baru untuk mengantisipasi parkir liar disepanjang perumahan masyarakat dan perkantoran di seputaran Kantor Bupati Pesisir Selatan

 


Rapat Bulanan Forum LLAJ, Juli 2023

Painan, 21 Juli 2023
Rapat Forum LLAJ dipimpin oleh Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pesisir Selatan Bapak SYAFRIJONI, SH, M.Si, didampingi oleh Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Pesisir Selatan, Bapak YUSKARDI, S.ST, MT, selanjutnya sebagai moderator dengan agenda rapat Koordinasi bersama OPD PPDI Pessel terkait data tenaga kerja Disabilitas di dunia konstruksi.
Sambutan Ketua Forum dalam agenda rapat diantaranya bahwa Forum LLAJ berkomitmen menyukseskan Program Gesit secara keseluruhan baik OMS IWAPI Pessel dan OPD PPDI Pessel. Kesetaraan Gender dan Inklusi Sosial dalam Infrastruktur (GESIT) di dunia kontruksi dapat bekerja dengan baik.
Kesetaraaan Gender dan Disabilitas Inklusi Sosial, berdasarkan undang-undang tenaga kerja penyandang disabilitas, Undang-undang No 8 Tahun 2016, peran perusahaan swasta wajib memperkejakan paling sedikit 1% penyandang disabilitas dari jumlah pegawai (Pasal 53)
a.Bapedaltbang, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak dan Dinas Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja bersedia bersinergi dengan OPD PPDI Pessel dalam mengupayakan penyediaan lapangan kerja bagi kaum disabilitas di wilayah Kabupaten Pesisir Selatan.
b.OPD PPDI Pessel akan menjalin kerjasama bersama perusahaan swasta yang bergerak di bidang kontruksi.
c.OPD PPDI Pessel akan menyediakan data tenaga disabilitas di Kabupaten Pesisir Selatan.

 


Rapat Bulanan Forum LLAJ, Juni 2023

Painan, 22 Juni 2023

Rapat Forum dipimpin oleh Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pesisir Selatan Bapak SYAFRIJONI, SH, M.Si, selaku Ketua Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, didampingi oleh Kabid Pengembangan dan Keselamatan, Bapak PESMAR, SE, selanjutnya sebagai moderator dengan agenda rapat Sosialisasi Aplikasi Android Sistem Aduan Masyarakat terhadap Lalu Lintas Jalan dan rapat Koordinasi bersama OMS IWAPI Pessel dan OPD PPDI Pessel terkait dengan tenaga kerja Difabil dan tenaga kerja perempuan di dunia kontruksi.

Agenda rapat diantaranya bahwa dalam era digital saat ini Forum menyediakan aduan masyarakat berbasis android yang memungkinkan segara informasi dapat segera ditangani dengan baik oleh instansi pelaksana nantinya.

Dalam rangka menyukseskan Program Gesit di Kabupaten Pesisir Selatan dibutuhkan kerjasama yang baik bagaimana kesetaraan gender dan difabel di dunia kontruksi dapat bekerja dengan baik.

Penyampaian informasi pengembangan website FLLAJ Pessel ke Aplikasi Android oleh Admin Forum LLAJ, dengan harapan dapat mensosialisasikan kepada lingkungan kerja serta masyarakat luas bahwasanya sudah tersedia di Playstore Aplikasi Pengaduan Masyarakat terhadap keselamatan berlalu lintas (FLLAJ PESSEL).

OMS IWAPI Pessel dan OPD PPDI Pessel bersedia untuk menjalin kerjasama dengan Dinas Tenega Kerja dan Dinas Sosial dalam upaya penyerapan tenaga kerja yang layak bagi kaum disabilitas dan kaum perempuan melalui:

  1. Kerjasama penyediaan data yang lengkap mengenai tenaga disabilitas dan kaum perempuan.
  2. Penyediaan data lengkap mengenai keahlian tenaga kerja yang dibutuhkan oleh perusahaan milik swasta dan milik pemerintah.
  3. Bekerjasama dalam pelibatan kaum disabilitas dan perempuan dalam pelatihan kerja

Dibutuhkan Nota Kesepahaman (Memorandum Of Understanding) antara PPDI Pessel dengan Perusahaan Swasta.


Rapat Bulanan Forum LLAJ, Mei 2023

Painan, 31 Mei 2023

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pesisir Selatan Bapak SYAFRIJONI, SH, M.Si, selaku Ketua Forum LLAJ Pessel memimpin rapat penyempurnaan draf Rencana Aksi Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan di Kabupaten Pesisir Selatan menjadi dokumen perencanaan untuk masing-masing penanggungjawab Pilar Keselamatan Berlalu Lintas yang didukung oleh semua pihak yang terlibat keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan.

Kabid Pengembangan dan Keselamatan, Bapak PESMAR, SE, sebagai moderator rapat RAK LLAJ Tahun 2023 – 2027.

Penyusunan RAK LLAJ ini menggunakan pendekatan 5 (lima) pilar keselamatan jalan yang meliputi sistem berkeselamatan, jalan yang berkeselamatan, kendaraan yang berkeselamatan, perilaku pengguna jalan yang berkeselamatan dan penanganan korban pasca kecelakaan.

Dibutuhkan rapat koordinasi lintas sektor berkaitan keterlibatan komunitas yang terlatih dalam merespon kejadian kecelakaan pada pilar 5 Penanganan Korban Kecelakaan.

Rencana Aksi Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (RAK LLAJ) merupakan dokumen perencanaan KLLAJ Kabupaten untuk periode 5 (lima) tahun yang akan disyahkan oleh Bupati Pesisir Selatan.


Rapat Bulanan Forum LLAJ, April 2023

Painan, 12 April 2023
Rapat Bulanan FLLAJ di ruangan Sekretariat Forum LLAJ - Dinas Perhubungan Kabupaten Pesisir Selatan, di buka oleh Bpk SYAFRIJONI, SH, M.Si Kadis Perhubungan Kab Pesisir Selatan, didampingi Kasatlantas Polres Pesisir Selatan, IPTU RIWAL MAULIDINATA, S.T.K, S.I.K, berserta undangan rapat bertema "Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka Kesiapan Pengamanan Idul Fitri 1444 H / 2023 M di Kabupaten Pesisir Selatan".
Rapat lintas sektor ini bertujuan kesiapan masing-masing sektor keselamatan lalu lintas guna memberikan kenyamanan bagi masyarakat dalam merayakan lebaran, dalam antisipasi arus lalu lintas, titik-titik rawan bencana alam, kondisi cuaca, titik rawan kemacetan, lokasi wisata dan lainnya guna memperlancar arus mudik dan arus balik.
Harapannya masyarakat mendapatkan pelayanan maksimal pada angkutan lebaran tahun ini sehingga bisa menekan angka vatalitas kecelakaan lalu lintas.


Rapat Bulanan Forum LLAJ, Maret 2023

Painan, 21 Maret 2023
Rapat Bulanan FLLAJ di ruangan Sekretariat Forum LLAJ - Dinas Perhubungan Kabupaten Pesisir Selatan, di buka oleh Asisten II Setdakab Pessel, Bpk Yozki Wandri, S.Pi, M.Si, didampingi oleh Bpk Syafrijoni, SH, M.Si Kadis Perhubungan Kab Pesisir Selatan, berserta undangan rapat bertema "Sambut Bulan Ramadhan 1444 H/ 2023 M yang tertib berlalu lintas serta bersih lingkungan".
Kenyamanan serta keselamatan diberikan kepada masyarakat pemilik kendaraan dan pengguna jalan, hal ini menjadi topik dalam rapat penertiban parkir liar yang berada di seputaran RSUD M. Zein Painan juga di jalur 2 Ilyas Yacoub Depan Mesjid Akbar Baitulrahman.
Untuk itu perlu mendapat perhatian serius dari kepolisian, Dishub, Organda berserta Perusahaan Oto dan tokoh-tokoh masyarakat, terutama sekali di saat akan memasuki bulan suci ramadan saat ini, keberadaan parkir yang tidak teratur menjadi salah satu penyumbang ketertiban lalu lintas menjadi terganggu.
Rekomendasi rapat juga berharap kepada Dinas PUPR serta Dinas Perkimtan, terkait dengan bersih lingkungan serta keselamatan pejalan kaki juga perlu dipeliharanya trotoar yang rusak di sekitar Mesjid Akbar Baitulrahman juga di dibeberapa lingkungan masyarakat yang trotoarnya sudah berlobang sehingga akan berakibat kecelakaan bagi pengandara maupun pengguna jalan lainnya.
Terkait dengan pohon pelindung yang berada di pinggir jalan diharapkan dapat di ganti karena sudah merusak jalan dan perkarangan masyarakat.


Rapat Bulanan Forum LLAJ, Februari 2023

Painan, 24 Februari 2023

Rapat Bulanan Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang dilaksanakan di ruangan Sekretariat Forum LLAJ - Dinas Perhubungan Kabupaten Pesisir Selatan, dipimpin oleh Kadis Perhubungan Bpk Syafrijoni, SH, M.Si dengan agenda rapat dalam rangka Rencana Kerja Forum LLAJ Tahun 2023 serta memfasilitasi Program Kesetaraan Gender dan Inklusi Sosial dalam Infrastruktur (GESIT) di Kabupaten Pesisir Selatan.

Kemitraan Indonesia Australia untuk Infrastruktur (KIAT) adalah program yang didanai oleh pemerintah Australia yang dirancang untuk memajukan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif melalui akses yang lebih baik ke infrastruktur bagi semua kelompok masyarakat. Fokus utama KIAT adalah mendukung penyampaian layanan infrastruktur yang lebih baik di daerah perkotaan dan peri-urban, termasuk konektivitas antara kantong-kantong pemukiman kota. Fokus khusus diberikan kepada seleksi usulan investasi dalam hal potensi kontribusinya pada tujuan kesetaraan gender dan inklusi sosial. Sehubungan dengan fokus kesetaraan gender dan inklusi sosial tersebut, KIAT menginisiasi Kesetaraan Gender dan Inklusi Sosial dalam Infrastruktur (GESIT).


Rapat Bulanan Forum LLAJ, Oktober 2022

Painan, 25 Oktober 2022, Rapat Bulanan Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang dilaksanakan di ruangan Sekretariat Forum LLAJ - Dinas Perhubungan Kabupaten Pesisir Selatan, dipimpin oleh Kadis Perhubungan Bpk Syafrijoni, SH, M.Si dengan tema "Rencana Aksi Keselamatan LLAJ guna mewujudkan Berlalu Lintas yang Berkeselamatan".

Rapat Forum LLAJ dibagi 3 Sesi diskusi ; Sesi 1 dipaparkan oleh Bpk IPTU Riwal Maulidinata, S.T.K,  S.I.K, Kasat Lantas bertema 'Keselamatan Lalu Lintas untuk Usia Sekolah', Sesi 2 dipaparkan oleh Bpk Fadli Amra, SH., MM, mengenai kesepakatan Usulan Program dan Kegiatan Draf Rencana Aksi Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (RAK LLAJ) Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2023-2027 bersama penanggungjawab Pilar Keselamatan dan pada Sesi 3 dilanjutkan dengan diskusi membahas penanganan Aduan Masyarakat yang disampaikan melalui website Forum LLAJ.


Rapat Bulanan FLLAJ Pessel dalam penyusunan Draf RAK LLAJ Tahun 2023-2027

Painan, 29 September 2022, Rapat Bulanan Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dilaksanakan di ruangan Sekretariat Forum di Dinas Perhubungan Kab Pessel yang dipimpin oleh Kadis Perhubungan Bpk Syafrijoni, SH, M.Si dengan topik Penyusunan Draft Rencana Aksi Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (RAK-LLAJ) Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2023 - 2027, yang dihadiri oleh stakeholder pendukung program keselamatan, anggota Forum LLAJ, dan 5 unsur koodinator/ penanggungjawab Pilar Keselamatan diantaranya :

  1. Pilar 1 : Sistem yang Berkeselamatan dikoordinir oleh Bapedalitbang
  2. Pilar 2 : Jalan yang Berkeselamatan dikoordinir oleh Dinas PUPR
  3. Pilar 3 : Kendaraan yang Berkeselamatan dikoordinir oleh Dinas Perhubungan
  4. Pilar 4 : Pengguna Jalan yang Berkeselamatan dikoordinir oleh Polres
  5. Pilar 5 : Penanganan Pasca Kecelakaan dikoordinir oleh Dinas Kesehatan

yang akan menyusun Draf RAK LLAJ Kabupaten Pesisir Selatan, terurai dalam Rencana Aksi, Target Kinerja, Pendanaan Program Pilar 1, Pilar 2, Pilar 3,Pilar 4,dan Pilar 5


RAPAT Forum LLAJ PESSEL, AGUSTUS 2022

Painan 30 Agustus 2022, Rapat Bulanan Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kabupaten Pesisir Selatan tentang Pembahasan Penegakan Hukum terhadap Kendaraan Over Dimensions & Over Loading (ODOL) di Wilayah Pesisir Selatan secara terpadu, terintegritasi dan berkala.

ODOL merupakan kejahatan lalu lintas yang dampaknya sangat luar biasa, seperti kecelakaan lalu lintas, perlambatan lalu lintas, sampai mempercepat kerusakan jalan.

Pihak kepolisian belum langsung akan menerapkan tilang ke para pelaku ODOL karena masih dalam tahap sosialisasi atas bahaya yang kemungkinan timbul. Perusahaan terkait akan diberikan surat teguran supaya ke depan tidak lagi memuat kendaraan dengan dimensi yang melanggar izin yang diberikan.

Karoseri harus tetap konsisten sesuai dengan rancang bangun yang diterbitkan kemenhub. Karena pihak Karoseri juga bisa terkena pidana, karena melanggar pasal 277 tentang dimensi yang tidak sesuai dengan rancangan bangun yang ada.


Rapat Bulanan FLLAJ Pessel Tahun 2022

Painan, 14 Juli 2022, Rapat Bulanan Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dilaksanakan di ruangan Sekretariat Forum di Dinas Perhubungan Kab Pessel yang dipimpin oleh Bpk Sabrul, SH Kabag Adm Pembangunan mewakili Asisten Bidang Perekonomian & Pembangunan dan didampingi Sekretaris FLLAJ Pessel Bpk Fadli Amra, SH., MM, serta peserta rapat yang hadir sesuai dengan undangan juga menghadirkan tokoh masyarakat pengusul (Syeh Bayang dan H. Maksum), dengan agenda rapat Pembahasan Pengaduan Masyarakat mengenai Pemberian Nama Jalan di Kenagarian Salido dan Kenagarian Sago Salido.


Sosialisasi Sadar Keselamatan LLAJ & SiAM-LALIN

Bayang, 15 Juni 2022,

Sosialisasi dibuka secara resmi oleh Bapak Gunawan, S.Sos, M.Si mewakili Bapak Sekretaris Daerah serta memberikan pengarahan berkaitan Sosialisasi Sadar Keselamatan Berlalu Lintas dan Sosialisasi Penerapan Sistem Informasi Aduan Masyarakat Lalu Lintas (SiAM-LALIN). Sosialisasi dihadiri oleh perwakilan SMAN 1 Bayang, SMAN 2 Bayang, SMKS AL ANHAR Bayang, SMKS MADRASAH ARABIAH Bayang & MAN 1 PESISIR SELATAN, serta Guru Wakil Kesiswaan juga Pembina OSIS, yang berada di Kecamatan Bayang. Adapun tujuan sosialisasi dapat memberikan informasi kesadaran berlalu lintas di jalan raya dibuktikan tidak ada lagi resiko kecelakaan di usia dini. Semua peserta Sosialisasi memiliki kewajiban untuk mensosialisasikan keselamatan berlalu lintas di jalan raya, seperti berkendaraan dalam keadaan sehat (tidak mabuk), kendaraan yang berkeselamatan (kendaraan laik jalan) dan kelengkapan pengendara seperti memiliki ilmu pengetahuan tentang rambu-rambu berlalu lintas.


Rapat Koordinasi Evaluasi Angkutan Jalan Raya di Lebaran Idul Fitri 2022 H / 1443 H

Painan, 24 Mei 2022, Rapat Koordinasi terkait Evaluasi Pelayanan Publik disaat Libur Lebaran Idul Fitri Tahun 2022 M / 1443 H di Kabupaten Pesisir Selatan, yang dipimpin oleh Asisten II, Bpk. YOZKI WANDRI, S.Pt, M.Si dan didampingi oleh Ketua FLLAJ Pessel /Kadis Perhubungan, Bpk. SYAFRIJONI, SH, M.Si, serta diikuti peserta rapat koordinasi lintas bidang dan instasi keamanan daerah lingkup Kabupaten Pesisir Selatan. Adapun tujuan rapat koordinasi untuk mengevaluasi tindak lanjut dilapangan berkaitan permasalahan trasportasi darat dan laut yang ada umumnya diminati di Kawasan Wisata Carocok Painan juga di Kawasan Wisata Mandeh, sehingga kedepannya lebih baik lagi disegi keamanan, ketertiban, keselamatan dan kelancaran Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.


Rapat Koordinasi sambut lebaran Idul Fitri 2022 H / 1443 H

Painan, 21 April 2022, Rapat Koordinasi terkait Trasportasi dalam rangka menghadapi libur lebaran Idul Fitri Tahun 2022 M / 1443 H di Kabupaten Pesisir Selatan, dipimpin oleh Asisten II, Bpk. YOZKI WANDRI, S.Pt, M.Si dan Kadis Perhubungan, Bpk. SYAFRIJONI, SH, M.Si, serta diikuti peserta rapat koordinasi lintas bidang dan instasi keamanan daerah lingkup Kabupaten Pesisir Selatan. Adapun tujuan rapat koordinasi untuk mengantisipasi permasalahan trasportasi darat dan laut di Kabupaten Pesisir Selatan, sehingga terwujudnya keamanan, ketertiban, keselamatan dan kelancaran Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.


Sosialisasi FLLAJ Pessel

Selasa, 22 Maret 2022, telah dilaksanaan Sosialisasi FLLAJ bertema "Peningkatan Keselamatan LLAJ dalam rangka mengurangi Kecelakaan Lalu Lintas di Kabupaten Pesisir Selatan"  dengan Narasumber Bapak YOSSYAFRA, ST., M.Eng. Sc., Ph.D,. ATM, Selaku AHLI TRANSPORTASI UNIVERSITAS ANDALAS PADANG, KANIT LAKA POLRES PESISIR SELATAN Bapak IPDA SUBHAN, SH, Tenaga Ahli IT Forum LLAJ Sdr. MASRIL, S.Kom, M.Si, dihadiri oleh Setda Bpk MAWARDI ROSKA, S.IP, Kepala Dinas Perhubungan Bapak SYAFRIJONI, SH. M.Si (Ketua Forum LLAJ),  serta Seluruh Undangan Sosialisasi yang Hadir dari PT. Jasa Raharja, Camat IV Jurai, Wali Nagari Painan, Wali Nagari Painan Timur, Wali Nagari Painan Utara, Anggota Forum LLAJ, utusan guru kesiswaan SMAN  se Kec IV Jurai, Organda serta undangan lainnya.


Rapat FLLAJ Pessel di Bulan ke 2 Tahun 2022

Rapat bulanan Forum LLAJ yang dilaksanakan tanggal 15 Februari 2022 di ruang rapat sekretariat FLLAJ - Dinas Perhubungan Kabupaten Pesisir Selatan, dipimpin oleh Syafrijoni, SH, M.Si. selaku Ketua FLLAJ Pessel. Acara di hadiri oleh Asisten I (Gunawan, S.Sos, M.Si), Kepala Dinas Perhubungan Syafrijoni SH, M.Si,  General Manager (GM) Damri Sumatera Barat (Surianto Boko) beserta anggota Forum yang terdiri dari Kasat Lantas, Kanit Kamsel Satlantas, Kasi Op Satpol PP, Organda, Tokoh Masyarakat, Camat IV Jurai, Walinagari Painan Utara Painan, Walinagari Painan Timur Painan, Walinagari Painan Selatan Painan, Jasa Raharja, Pelaku Usaha dan Masyarakat lainnya.

Pembahasan rapat tentang Evaluasi Aduan 2021 & Rencana Penanganan Aduan 2022, Sosialisasi Trayek KSPN oleh Perum DAMRI dan Penanganan Over Dimension Over Loading (ODOL) di Kabupaten Pesisir Selatan.


PROGRAM KERJA FLLAJ TAHUN 2022

Dengan terlaksananya kegiatan Forum Lalu Lintas Jalan dan Angkutan ini, diharapkan terjalinnya koordinasi antar bidang hingga terciptanya sinergisitas dalam upaya pemecahan masalah transportasi yang aman, berkeselamatan, mudah dan teratur.

FLLAJ dapat menganalisa permasalahan jalan, kemudian menjembatani hingga menemukan solusi serta meningkatkan kualitas pelayanan bagi masyarakat pengguna jalan. Dimana permasalahan berkaitan lancarnya berlalu lintas dapat dibahas secara terpadu dan menghasilkan rekomendasi yang efisien dan efektif. 


RAPAT BULANAN FLLAJ TAHUN 2022

Rapat Bulanan FLLAJ Kabupaten Pesisir Selatan pada tanggal 06 Januari 2022, di Ruang Sekretariat Forum LLAJ Kabupaten Pesisir Selatan dengan Tema Pembentukan SK Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Kelompok Kerja dan Sekretariat Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Tahun 2022.


PENYERAHAN SPANDUK NAMA-NAMA JALAN DI NAGARI PAINAN TIMUR

Jumat 12 November 2021, Penyerahan spanduk nama-nama jalan yang sudah di SK kan Bapak Bupati Pesisir Selatan, Spanduk di serahkan oleh Anggota FLLAJ langsung kepada Perangkat Wali Nagari (Sekretaris Wali Nagari Painan Timur).


PENYERAHAN SPANDUK NAMA-NAMA JALAN DI NAGARI PAINAN SELATAN

Jumat 12 November 2021, Penyerahan spanduk nama-nama jalan yang sudah di SK kan Bapak Bupati Pesisir Selatan, Spanduk di serahkan oleh Anggota FLLAJ langsung kepada  Wali Nagari Painan Selatan.


PENYERAHAN SPANDUK NAMA-NAMA JALAN DI NAGARI PAINAN

Penyerahan spanduk nama-nama jalan yang sudah di SK kan Bapak Bupati Pesisir Selatan, Spanduk di serahkan oleh Anggota FLLAJ langsung kepada Perangkat Wali Nagari Painan (Sekretaris Wali Nagari Painan). Jumat 12 November 2021


RAPAT FORUM LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN (FLLAJ) Se-SUMATERA BARAT PEMBAHASAN 'TRAVEL ILEGAL'

Rapat FLLAJ Se-Sumatera Barat yang di Laksanakan di Kabupaten Pesisir Selatan pada Hari Kamis 21 Oktober 2021 di Hotel Langkisau Resort dalam pembahasan 'TRAVEL ILEGAL' . di Hadiri Seluruh KepalaKetua Forum Lalu Lintas dan Angkutan (FLLAJ) Se-Sumatera Barat dan Kepala BPTD Wilayah III Prov. Sumatera Barat, Dirlantas Polda Sumatera Barat, Dempon 1/4 Sumatera Barat, Ka BPTD Wilayah I, POM AU Sumatera Barat, UNAND, Kodim Pessel Organda, Jasaraharja, dan bebebrapa Tamu Undangan. 


FLLAJ MENGIKUTI WORKSHOP PKRMS TAHUN 2021

Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kabupaten Pesisir Selatan mengikuti Workshop Provincial Kabupaten Road Management System (PKRMS) pada hari Selasa s/d Kamis Tanggal 28 s/d 30 September 2021, Kegiatan Workshop ini dilaksanakan secara Virtual.


KUNJUNGAN FLLAJ PROVINSI SUMATERA BARAT

Kamis, 07 Oktober 2021 FLLAJ Provinsi Sumatera Barat Berkunjung Ke FLLAJ Kabupaten Pesisir Selatan. Bapak ERA OKTAVIADY, SE Kepala Bidang Lalu Lintas dan Pembinaan Keselamatan Selaku PPTK FLLAJ Provinsi Sumatera Barat dalam Kunjungan ini Membahas Persiapan Rapat dan Sosialisasi FLLAJ Se-Sumatera Barat yang akan di Laksanakan di Kabupaten Pesisir Selatan pada Tanggal 21 Oktober 2021


RAPAT P/KRMS UNTUK USULAN PROGRAM TAHUN ANGGARAN TAHUN 2022

Jumat 08 Oktober 2021, dilaksanakan rapat pembahasan usulan program tahun anggaran tahun 2022, kegiatan ini dilaksanakan di ruang rapat bapedalitbang kab. pesisir selatan. Kegiatan ini diikuti oleh dinas PUTR, Bapedalitbang, FLLAJ dan Dinas Perhubungan.


KOORDINASI DAN KONSULTASI DENGAN FLLAJ PROVINSI SUMATERA BARAT

Kamis, 30 September 2021. Sekretaris FLLAJ Bapak FADLI AMRA, SH., MM (Kabid Lalu Lintas dan Angkutan) beserta Anggota Melaksanakan Koordinasi dan Konsultasi Kepada Sekretariat FLLAJ Provinsi Sumatera Barat Tentang Rencana pertemuan FLLAJ Se-Sumatera Barat yang akan dilaksanakan di Kabupaten Pesisir Selatan.


SOSIALISASI STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) FLLAJ

Rabu tanggal 29 September 2021 telah dilaksanaan Sosialisasi Standar Operasional Prosedur (SOP) Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (FLLAJ) dengan Narasumber Bapak YOSSYAFRA, ST., M.Eng. sc., Ph.D,. ATM (MTI) Selaku AHLI TRANSPORTASI UNIVERSITAS ANDALAS PADANG, yang dihadiri oleh Kepala Dinas Perhubungan Bapak GUNAWAN, S.Sos.,M.Si (Ketua Forum LLAJ), KANIT LAKA POLRES PESISIR SELATAN Bapak IPDA SUBHAN, SH, dan IBUK LINA SATRIA, SH (Pemerhati Anak) serta Seluruh Undangan Sosialisasi yang Hadir dari PT. Jasa Raharja, Camat IV Jurai, Kapolsek IV Jurai, Wali Nagari Painan, Wali Nagari Painan Timur, Wali Nagari Painan Utara serta Masyarakat.


RAPAT BULANAN FLLAJ TERKAIT SURAT EDARAN BUPATI PESISIR SELATAN TENTANG PEMBATASAN JAM OPERASIONAL MOBIL BARANG UKURAN BESAR

Rapat  Bulanan Forum LLAJ  terkait “Surat Edaran Bupati Pesisir Selatan tentang Pembatasan Jam Operasional Mobil Barang Ukuran Besar dan Himbauan Bupati Pesisir Selatan tentang Balik Nama / Mutasi Kendaraan Bermotor Luar Daerah ke Wilayah Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat”  Rapat ini di laksanakan pada tanggal 03 Agustus 2021 di Ruang Sekretariat FLLAJ, Rpat ini di Buka Langsung oleh Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pesisir Selatan Gunawan, S.Sos., M.Si dan juga Selaku Ketua Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kabupaten Pesisir Selatan. Rapat Ini Juga di Hadiri oleh Organda, Jasa Raharja, Lantas Polres Pessel, dan dari Pihak Angkutan Seperti PT. BLK, PT Tegas dan Pengusaha Angkutan.


FLLAJ SEBAGAI INDEPENDEN ASESOR MELAKUKAN MONITORING KE RUAS JALAN PENANGANAN PAKET PHJD KOTO BARU - SEKITARNYA

Rabu 15 September 2021 FLLAJ Sebagai Independen Asesor melaksanakan Monitoring Ke Ruas Jalan Koto Baru - Sekitarnya Kecamatan Bayang Utara, Monitoring ini di Laksanakan oleh Anggota  FLLAJ yang mana melibatkan tokoh Perempuan, Baik Bundo Kanduang dan Pemerhati Keselamatan Anak. Anggota FLLAJ Juga melibatkan Disabilitas. Monitoring ini di dampingi oleh Konsultan Pendamping PHJD. Panjang Ruas Koto Baru - Sekitarnya 2,50 km.


FLLAJ SEBAGAI INDEPENDEN ASESOR MELAKUKAN MONITORING KE RUAS JALAN PENANGANAN PHJD SIMPANG SMK TARUSAN - BUKIT BATU PATAH

Rabu 15 September 2021 FLLAJ Sebagai Independen Asesor melaksanakan Monitoring Ke Ruas Jalan Simpang SMK Taruan - Bukit Batu Patah Kecamatan Koto XI Tarusan, Monitoring ini di Laksanakan oleh Anggota  FLLAJ yang mana melibatkan tokoh Perempuan, Baik Bundo Kanduang dan Pemerhati Keselamatan Anak. Anggota FLLAJ Juga melibatkan Disabilitas. Monitoring ini di dampingi oleh Konsultan Pendamping PHJD. Panjang Ruas Jalan Simpang SMK Taruan - Bukit Batu Patah 3,50 km.


FLLAJ SEBAGAI INDEPENDEN ASESOR MELAKUKAN MONITORING KE RUAS JALAN PENANGANAN PHJD CUMATEH - KAMPUNG SAWAH

Rabu 15 September 2021 FLLAJ Sebagai Independen Asesor melaksanakan Monitoring Ke Ruas Jalan Cumateh - Kampung Sawah Kecamatan Koto XI Tarusan, Monitoring ini di Laksanakan oleh Anggota  FLLAJ yang mana melibatkan tokoh Perempuan, Baik Bundo Kanduang dan Pemerhati Keselamatan Anak. Anggota FLLAJ Juga melibatkan Disabilitas. Monitoring ini di dampingi oleh Konsultan Pendamping PHJD. Panjang Ruas Jalan Cumateh - Kampung Sawah 6,00 km.


FLLAJ SEBAGAI INDEPENDEN ASESOR MELAKUKAN MONITORING KE RUAS JALAN PENANGANAN PHJD SIMPANG AMPANG PULAI - PULAU KARAM

Rabu 15 September 2021 FLLAJ Sebagai Independen Asesor melaksanakan Monitoring Ke Ruas Jalan Simpang Ampang Pulai - Pulau Karam Kecamatan Koto XI Tarusan, Monitoring ini di Laksanakan oleh Anggota  FLLAJ yang mana melibatkan tokoh Perempuan, Baik Bundo Kanduang dan Pemerhati Keselamatan Anak. Anggota FLLAJ Juga melibatkan Disabilitas. Monitoring ini di dampingi oleh Konsultan Pendamping PHJD. Panjang Ruas Jalan Simpang Ampang Pulai - Pulau Karam 1,90 km.


EKSISTENSI TERKAIT RANCANGAN PERATURAN BUPATI TENTANG MEKANISME PENAMAAN JALAN

Senen 30 Agustus 2021 Kepala Dinas Perhubungan selaku Ketua Forum LLAJ Kabupaten Pesisir Selatan bersama dengan Asisten I Bidang Pemerintahan, Kabag Hukum, dan OPD Terkait Melaksanakan Eksistensi terkait Ranperbup tentang Mekanismen Penamaan Jalan yang mana hasil dari eksistensi ini akan di sampaikan ke Skeretariat Daerah Provinsi Sumatera Barat.


Rapat Rancangan Peraturan Bupati tentang Penamaan Jalan di Ruang Sekretariat Daerah Kabupaten Pesisir Selatan

Rapat rancangan Peraturan Bupati tentang Penamaan Jalan dengan Asisten Pemerintahan, Staf Ahli, Inspektorat, Ka. Bappeda, Ka BPKD, Ka BKPSDM, Dinas Perhubungan dan Kabag Hukum tanggal 20 Agustus 2021 di Ruang Rapat Sekretariat Daerah Kabupaten Pesisir Selatan.


PROGRAM KERJA FORUM LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN (FLLAJ) KABUPATEN PESISIR SELATAN TAHUN 2022


KOORDINASI DAN KONSULTASI RANCANGAN PERATURAN BUPATI PESISIR SELATAN TENTANG PENAMAAN JALAN PADA BAGIAN HUKUM SEKDA KAB. PESSEL

Kamis, 10 Agustus 2021 Sekretaris Forum Lalu Lintas Angkutan Jalan (FLLAJ) Bpk. FADLI AMRA, SH.MM dan rekan Forum LLAJ melakukan koordinasi dan konsultasi masalah usulan rancangan peraturan bupati tentang penamaan jalan di Kabupaten Pesisir Selatan di bagian Hukum Sekretaris Daerah Kabupaten Pesisir Selatan.


Tim PRC dishub kab. Pessel dalam melakukan pengaturan lalu lintas kebakaran di wisma mandala

Sesuai dari aduan masyarakat sekitar kejadian kebakaran, tim PRC dari dinas Perhubungan Kabupaten Pesisir Selatan langsung segera menuju lokasi kebakaran wisma mandala dengan beberapa personil PRC dalam pengaturan lalu lintas agar lancar di lewati mobil pemadam ke lokasi dan juga menjauhkan masyarakat dari sekitaran kebakaran dalam menghindari kejadian lainnya nanti di lokasi. Situasi arus lali lintas aman lancar sampai selesai pemadaman api.


KUNJUNGAN KERJA FLLAJ PROV. SUMBAR KE FLLAJ KAB. PESSEL

Kamis. 05 Agustus 2021, Kunjungan kerja dari FLLAJ Prov. Sumbar ke FLLAJ Kab. Pessel yaitu dalam Sharing kegiatan ForumLLAJ. kedatangan Anggota ForumLLAJ  Prov. Sumbar Bapak Era langsung di sambut oleh Ketua ForumLLAJ Kab. Pessel Bapak Gunawan dan dalam memperhangat hubungan selaku ketua mengajak ke Bukit Langkisau untuk bersantai sekaligus sharing mengenai kegiatan pada ForumLLAJ yang berkelanjutan. 


RAPAT BULANAN FORUM LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN (FLLAJ)

Rapat bulanan Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (FLLAJ) tanggal 28 juli 2021 terkait Penamaan jalan di Kota Painan Kecamatan IV Jurai, rapat ini di buka langsung oleh bapak Asisten I Bidang Pemerintahan Kabupaten Pesisir Selatan dan di ikuti oleh Danramil IV Jurai, Kapolsek IV Jurai, Wali Nagari Painan, Painan Timur, Painan Utara, Painan Selatan dan Tokoh Masyarakat serta OPD Terkait dan anggota FLLAJ Kabupaten Pesisir Selatan.


MENINDAKLANJUTI PENGADUAN MASYARAKAT TERKAIT SAMPAH BERSERAKAN DI JALAN BARU PAINAN

menindaklanjuti pengaduan masyarakat terkait sampah berserakan di jalan baru painan sudah di sampaikan kepada instansi terkait yang menangani masalah kebersihan, dan juga sudah langsung di tangani oleh Petugas Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pesisir Selatan


MENANGGAPI LAPORAN MASYARAKAT TERKAIT ADANYA MOBIL FUSO YANG TERBALIK DI JALAN LANSANO

Ketua Umum Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kabupaten Pesisir Selatan Bapak GUNAWAN, S.Sos., M.Si dan juga selaku Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pesisir Selatan Langsung Memberikan Perintah Kepada Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Bapak FADLI AMRA, SH., MM Untuk langsung menurunkan ke lokasi Anggotanya terkait pengaturan lalu lintas, agar tidak terjadi kemacetan oleh masyarakat yang berhenti melihat kejadian tersebut. ini adalah bukti keseriusan Ketua Forum LLAJ dalam menangani pengaduan-pengaduan masyarakat agar masyarakat dapat nayaman dan di perhatikan.


MENINDAK LANJUTI PENGADUAN MASYARAKAT TERKAIT RAMBU-RAMBU PETUNJUK ARAH YANG TERTUTUP AKAR-AKAR POHON

Menindaklanjuti Pengaduan Masyarakat Tersebut rambu-rambu petunjuk arah tersebut sudah di bersihkan oleh petugas dari dinas perhubungan kab. pesisir selatan.


MELAKSANAKAN TELECONFERENCE ZOOM DI RUANGAN FORUM LLAJ

Kamis, 08 Juli 2021 Dalam ketentuan program Management Manual (PMM) Program Hibah Jalan Daerah (PHJD) dan Provincial Road Imprevencet and Maintenance (PPRIM) terdapat OutPut kegiatan yang dipenuhi antara lain adalah keselamatan jalan, identifikasi dan pembuatan Peta Blackspot, Pemetaan Bencana Alam, serta memenuhi ketentuan Keselamatan jalan. zoom meeting ini  diikuti oleh ketua Forum Lalu Lintas Angkutan Jalan (FLLAJ)  Bapak. GUNAWAN, S.Sos, M.Si juga Selaku Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pesisir Selatan.


MENINDAKLANJUTI PENGADUAN MASYARAKAT ADANYA RAMBU-RAMBU YANG ROBOH DI BUKIT PUNAI

menindaklanjuti pengaduan masyarakat terkait rambu-rambu yang roboh di bukit punai sudah di perbaiki oleh anggota dinas perhubungan 


MENINDAKLANJUTI PENGADUAN MASYARAKAT ADANYA RAMBU-RAMBU YANG ROBOH

menindaklanjuti pengaduan masyarakat terkait adanya rambu-rambu yang roboh di muaro jambu linggo sari baganti sudah di perbaiki kembali. 


Konsultasi Publik Non PHJD

Konsultasi Publik Non PHJD di Kenagarian Punggasan, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan, Konsultasi ini di hadiri oleh Konsultan Pendamping Bapak Nasirwan, ST dan Rombongan dari Dinas PUPR, Dinas Perhubungan dan Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Konsultasi ini di laksanakan di kantor wali Punggasan, Masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut dan masyarakat sangat berterima kasih dan sangat senang sekali,


Keterlibatan pekerja Perempuan Paket PHJD Pesisir Selatan

PHJD melakukan kegiatan pada ruas jalan cumateh - kampuang sawah dengan melibatkan masyarakat khususnya perempuan


MENINDAK LANJUTI PENGADUAN MASYARAKAT TERKAIT LAMPU YANG MATI DI GANG LANAI PAINAN TIMUR

menindaklanjuti laporan masyarakat terkait lampu mati di gang lanai, lampunya sudah di perbaiki dan sudah hidup kembali


PERBAIKAN GUARDRAIL ( PAGAR PENGAMAN) DI BUKIT PULAI

Menindak lanjuti pengaduan dari Masyarakat ke Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan  terkait kerusakan pagar pengaman (GUARDRAIL) di bukit pulai, Tim dari ForumLLAJ langsung menyampaikan hal tersebut kepada pihak yang bersangkutan yaitu PU dan tanggapan dari  PU sangat baik dengan segera di tinjau KE LOKASI dan langsung di perbaiki setelah peninjauan dari laporan masyarakat terkait kerusakan pagar pengaman (GUARDRAIL).


MENINDAK LANJUTI PENGADUAN MASYARAKAT TERKAIT KENEK YANG MENCUCI MOBIL DI BAHU JALAN

menindaklanjuti pengaduan dari masyarakat terkait kenek mobil angkutan yang mencuci mobil di bahu jalan yang menyakibatkan jalan licin dan rusak, "Petugas patroli sudah melakukan  menelusuran dirawang pada pagi ini , tdak ada penampakan kendaraan umum yg mncuci kndaraan dan petugas akn melakukan tinjauan ulang kembali" itu Kata Salah Seorang Petugas Patroli Dinas Perhubungan yang diperintahkan Langsung oleh Kepala Dinas Perhubungan Bapak Gunawan, S.Sos., M.Si yang juga selaku Ketua Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kabupaten Pesisir Selatan. ini adalah bukti Keseriusan Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dalam Menyikapi Pengaduan-Pengaduan Masyarakat khususnya di Bidang Lalu Lintas dan Jalan.


MENINDAK LANJUTI PENGADUAN MASYARAKAT TERKAIT KABEL LAMPU JALAN YANG KENDOR MENYENTUH SENG RUMAH

Menindaklanjuti pengaduan dari masyarakat terkait kabel lampu jalan yang kendor menyentuh seng rumah salah seorang masyarakat Ketua Umum Forum Lalu lintas dan Angkutan Jalan Gunawan, S.Sos., M.Si selaku Kepala Dinas Perhubungan Langsung Memerintahkan Kepala Bidang Prasarana Bapak Marzan, SH., MM untuk melakukan peninjauan dan memerintahakan anggotanya untuk menanggapi pengaduan masyarakat tersebut. dan tanggal 11 juni 2021 kabel lampu nya sudah di perbaiki kembali. Bapak Rio selaku pemilik Rumah sangat berterima kasih atas ketanggapan Tim Dishub dalam Menanggapi Laporan Masyarakat


RUAS JALAN YANG MASUK DALAM PENANGANAN PAKET PHJD TAHUN 2021


SOSIALISASI DAN PEMBEKALAN BAGI SOPIR TELADAN ( ABDI YAKSA ) UNTUK ANGKUTAN UMUM / ORANG TAHUN 2021

Rabu, 16 Juni 2021. Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (FLLAJ) Kabupaten Pesisir Selatan Melaksanakan Penilaian Abdi Yaksa Tahun 2021  Tingkat Kabupaten Pesisir Selatan di Ruangan Rapat Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (FLLAJ) Terhadap Perwakilan Pengemudi dari sejumlah Perusahaan Angkutan Umum Resmi yang Beroperasi di Pesisir Selatan Seperti HPS, MIA dan Perusahaan Bus Pariwisata.  Pada Kesempatan Ini di Hadiri Oleh Perwakilan dari Polres, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan  Provinsi Sumatera Barat, Jasa Raharja, Forum Lalu Lintas dan Angkutan Umum dan lainnya dengan Acara Dibuka Oleh Ketua Forum Lalu Lintas dan ANgktan Jalan (FLLAJ) dan sebagai Kadis Dishub Kabupaten Pesisir Selatan Bpk. GUNAWAN, S. Sos, M.Si vdengan Penjelasan , Penilaian Abdi Yasa Tahun 2021 Terhadap Pengemudi Angkutan Umum itu Merupakan Kegiatan Rutin yang dilaksanakan Dinas Perhubungan dan selain Melakukan Penilaian Terhadap Pengemudi Angkutan Umum, Kegiatan itu juga di Fokuskan Untuk Meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) sekaligus Peningkatan Kualitas Pelayanan Pengemudi Angkutan Umum. Pembinaan dilakukan Bersama Pihak Kepolisian, Dinas Kesehatan, Jasa Raharja dan Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Barat.


TRAINING GESI PRIM / PHJD 2021

Training Gesi Prim/ PHJD Dikuti Oleh Ketua Umum Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dan Juga Angota Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Training ini dilaksanakan Melalui Teleconference Zoom pada tanggal 08 Juni 2021


RAPAT BULANAN FORUM LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN (FLLAJ)

Rapat Bulanan Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (FLLAJ) tentang Pembatasan Operasional Mobil Tangki CPO tanggal 03 Juni 2021 di Pimpin Langsung Oleh Ketua Umum Forum LLAJ Kab. Pesisir Selatan Gunawan, S.Sos.,M.Si dan juga di ikuti Oleh KASAT POLPP, KASAT LANTAS dan Pengusaha-Pengusaha Angkutan CPO.


SOSIALISASI BLU-e OLEH FORUM LALAU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN

Sosialsiasi Forum Lalu lintas dan angkutan jalan terkait Penerapan BLU-e dan Normalisasi Kendaraan Bermotor Kegiatan ini di Buka oleh Ketua Umum Forum LLAJ Bapak Gunawan, S.Sos., M.Si dan mendatangkan Narasumber dari Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah III Provinsi Sumatera Barat Bapak Harry Soechda, SE dan juga Kepala Bidang Lalu Lintas Pada Dinas Perhubungan Kabupaten Pesisir Selatan Bapak Fadli Amra, SH., MM Kegiatan Sosialisasi ini diikuti oleh Pengusaha-Pengusaha Angkutan di Wilayah Kabupaten Pesisir Selatan Kegiatan ini dilaksanakan pada hari rabu tanggal 05 Mei 2021


RAPAT BULANAN FORUM LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN

Rapat bulanan Forum LLAJ dikuti oleh Tokoh Perempuan dan Penyandang Disabilitas dan juga Anggota Forum LLAJ Kab. Pesisir Selatan Kegiatan ini dilaksanakan oleh Forum LLAJ Kab. Pesisir Selatan karena Pentingnya Pelibatan Perempuan dan Penyandang Disabilitas dalam PHJD kabupaten Pesisir Selatan kegiatan ini dilaksanakan tanggal 8 April 2021 di Ruang Rapat Sekretariat FLLAJ 


Musrenbang RKPD Tahun 2022 Kecamatan Pancung Soal

Musrenbang RKPD Tahun 2021 Tingkat Kecamatan Pancung Soal di Hadiri Oleh Ketua Umum Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Bapak Gunawan, S.Sos., M.Si dan juga Kepala Dinas Perhubungan Kbupaten Pesisir Selatan Musrenbang ini dilaksanakan di Aula Kantor Camat Pancung Soal 30 Maret 2021


Musrenbang RKPD Tahun 2022 Tingkat Kecamatan Sutera

Musrenbang RKPD Tahun 2022 tingkat Kecamatan Sutera di hadiri oleh Ketua Umum Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Bapak Gunawan, S.Sos., M.Si dan Juga di ikuti berbagai elemen masyarakat yang ingin menyampaikan keluhan dan masukan terhadap pemerintah dan permasalahan yang ada di kecamatannya tersebut, Surantih 8 Maret 2021


Musrenbang RKPD Tahun 2022 Kecamatan Silaut

Pembina Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Bapak Drs. RUSMA YUL ANWAR, MPd membuka Secara resmi Kegiatan Musrenbang RKPD tahun 2022 di Kecamatan Silaut, 17 Maret 2021. Musrenbang ini dihadiri oleh berbagai instansi dan OPD Terkait.


Musrenbang RKPD Tingkat Kecamatan Batang Kapas

Anggota Forum LLAJ Mengikuti Musrenbang RKPD tahun 2022 Di Kecamatan Batang Kapas 17 Maret 2021, Bukti Keseriusan Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dalam Memberikan Inovasi dan Kemajuan Besar terhadap Pengawasan Lalu Lintas Jalan


Konsultasi Publik Non PHJD

Tim PHJD melakukan Konsultasi Publik dengan Bapak Wali Nagari Tluk Kualo Kecamatan Airpura Bapak Dedi Grafnaldi beserta Masyarakat Tluk Kualo tanggal 11 Juni 2021, Wali Nagari dan Masyarakat sangat Bersyukur Atas adanya Pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah 


Konsultasi Publik PHJD

Tim PHJD Melaksanakan Konsultasi Publik dengan Masyarakat Ampang Pulai-Pulau Karam pada hari kamis tanggal 10 Juni 2021. masyarakat sangat antusias dengan Program PHJD ini masyarakat sangat senang atas kehadiran tim PHJD yang langsung terjun kelapangan.


Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2021- 2026

Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah  Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2021- 2026 dengan Visi "Mewujudkan Pesisir Selatan Lebih Sejahtera, maju dan bermatabat, didukung oleh pemerintahan yang akuntebel dan Profesional" Musrenbang ini di buka langsung oleh Bapak Bupati Kabupaten Pesisir Selatan Bapak Drs. RUSMA YUL ANWAR, MPd yang di Moderatori oleh Ketua Umum Forum LLAJ yang Juga Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pesisir Selatan dan diikuti oleh Forkopimda dan seluruh Kepala OPD. Rabu 30 Juni 2021 dilaksaksanakan di Aula Bapedalitbang Lantai 2 di Sago, 


SOSIALISASI DAN PEMBEKALAN BAGI SOPIR TELADAN ( ABDI YAKSA ) UNTUK ANGKUTAN UMUM / ORANG TAHUN 2021

Rabu, 16 Juni 2021. Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (FLLAJ) Kabupaten Pesisir Selatan Melaksanakan Penilaian Abdi Yaksa Tahun 2021  Tingkat Kabupaten Pesisir Selatan di Ruangan Rapat Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (FLLAJ) Terhadap Perwakilan Pengemudi dari sejumlah Perusahaan Angkutan Umum Resmi yang Beroperasi di Pesisir Selatan Seperti HPS, MIA dan Perusahaan Bus Pariwisata.  Pada Kesempatan Ini di Hadiri Oleh Perwakilan dari Polres, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan  Provinsi Sumatera Barat, Jasa Raharja, Forum Lalu Lintas dan Angkutan Umum dan lainnya dengan Acara Dibuka Oleh Ketua Forum Lalu Lintas dan ANgktan Jalan (FLLAJ) dan sebagai Kadis Dishub Kabupaten Pesisir Selatan Bpk. GUNAWAN, S. Sos, M.Si vdengan Penjelasan , Penilaian Abdi Yasa Tahun 2021 Terhadap Pengemudi Angkutan Umum itu Merupakan Kegiatan Rutin yang dilaksanakan Dinas Perhubungan dan selain Melakukan Penilaian Terhadap Pengemudi Angkutan Umum, Kegiatan itu juga di Fokuskan Untuk Meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) sekaligus Peningkatan Kualitas Pelayanan Pengemudi Angkutan Umum. Pembinaan dilakukan Bersama Pihak Kepolisian, Dinas Kesehatan, Jasa Raharja dan Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Barat.


Kunjungan Tokoh Masyarakat Ke Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan

Salah seorang Tokoh Masyarakat Painan Bapak Sabarudin Datuak Sari Maharajo Berkunjung ke Forum LLAJ Kab. Pesisir Selatan menyampaikan Keluhan Masyarakat Painan Utara sehubungan dengan tersumbatnya saluran drenase di jalan pemuda painan tepatnya di SD 13 Painan, Beliau di terima Langsung Oleh Bapak Ketua III Forum LLAJ Bapak Tamrin, S.Sos., MM dan juga bersama Bapak Drs. Damyursal beliau merupakan Tokoh maupun Pemerhati Masyarakat. 


PROSEDUR PEMINJAMAN RAMBU - RAMBU DAN ALAT KESELAMATAN JALAN PORTABEL

Bagi Masyarakat yang akan melaksanakan kegiatan keramaian menggunakan jalan , berikut kami lampirkan prosedur peminjaman rambu - rambu sebagai berikut :

- Mengisi formulir peminjaman rambu - rambu dan alat keselamatan dengan melampirkan fotocopy ktp / sim.

- Melampirkan surat izin keramaianyang telah dilegalisir dari wali nagari dan polsek setempat.

- Melampirkan denah lokasi keramaian yang akan dilaksanakan.

- Mengisi berita acara pinjam pakai barang yang telah disediakan oleh Dinas Perhubungan

- Memberikan uang jaminan sebesar Rp. 100.000 / unit untuk peminjaman berupa road barrier , traffic cone dan  rambu- rambu penunjuk arah portabel.

-Peminjam secara langsung mengambil dan mengembalikna barang yang dipinjam


Kunjungan Konsultan PHJD

Kunjungan Konsultan PHJD ke Sekretariat Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kabupaten Pesisir Selatan Jumat 28 Mei 2021


SOSIALISASI PEMBENTUKAN KAMPUNG TERTIB LALU LINTAS

Selasa, 20 April 2021 Giat Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (FLLAJ) Kabupaten Pesisir Selatan melakukan Sosialisasi Lalu Lintas dan Pembentukan Kampung Tertib Lalu Lintas di Wilayah Kecamatan Koto XI Tarusan tepatnya di Jalur Wisata Mandeh. Kegiatan Ini dilaksanakan Oleh Kepala Seksi Lalu Lintas Bapak Dasril, SH, Bapak Kepala Unit Dikyasa Aipda Riki Mustika, SH Beserta Rekan dari Mansyarakat yang semuanya merupakan Anggota Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (FLLAJ) Kabupaten Pesisir Selatan.


SELAMAT HARI JADI KABUPATEN PESISIR SELATAN KE - 73 TAHUN

Ketua Forum LLAJ ( Kadisub ) GUNAWAN, S.Sos. M,Si beserta anggota FLLAJ Mengucapkan Selamat Hari Jadi Kabupaten Pesisir Selatan ke- 73 Tahun. Semoga Kabupaten Pesisir Selatan Semakin Maju, Sejahtera Aman  Tentram dan Terkendali. Meskipun Virus Corona Melanda Negeri Tercinta, bersatu dan Kebersamaan kita dapat melawan bahaya Virus Corona tersebut. 

 

SALAM PASISIA RANCAK


Koordinasi dari Satlantas Terkait Kampung Tertib Lalu Lintas melalu Forum LLAJ

Unit Dikyasa Satlantas Polres Pessel Melakukan Rapat Koordinasi dengan Bapak Kadis Gunawan, S.Sos. M.Si ( ketua forum llaj ) terkait Kampung Tertib Lalu Lintas melalui Forum Lalu Lintas dan Angkutan terkait Kebutuhan Kampung Tertib Lalu Lintas Bapak Kadis selaku Ketua FLLAJ Mengapreasiasikan Program  Kampung Tertib Lalu Lintas , salah  satu bentuk dalam Penertiban dan Penurunan Angka Kecelakaan. 


POLISI RAMAH DISABILITAS

Pagi ini tanggal 08 April 2021 Bapak Kepala Unit Dikyasa Satlantas Polres Pesisir Selatan AIPDA RIKI MUSTIKA, SH melaksanakan giat berbagi masker kepada disabilitas yang melintas di jalan raya painan. Mari berbagi dan mari saling melindungi


PUNGLI DI KAWASAN CAROCOK PAINAN

@Kabarpessel. 03 April 2021 personil polres pesisir selatan regu A1 amankan 2 orang pemuda yang kedapatan pungli di kawasan wisata pantai carocok painan, kecamatan IV Jurai, kabupaten pesisir selatan. adapun pemuda yang di amankan inisial JPG (22) pengangguran dan RSR (28) dagang, merupakan warga setempat. kapolres pesisir selatan, AKBP. Sri Wibowo, S.IK., M.H melalui kabag OPS Polres pesisir selatan, Kompol Arsyal mengatakan, sesuai perintah Pak Kapolres, personil melakukan kegiatan siaga bertugas regu A1 melakukan patroli ke pantai Carocok Painan dalam rangka menyikapi maraknya pungutan liar parkir di pantai carocok painan dan kedua pemuda tersebut di bawa ke ruang reskrim untuk di introgasi lebih lanjut. mari kita jaga nama baik pesisir selatan, karena tempat wisata rawan sekali terjadi hal yang demikian karena merugikan citra dan nama baik pesisir selatan pada akhirnya. kegiatan ini dikuti oleh, Kasat Sabhara Polres Pessel, Kasiwas Polres Pessel, dan Personil Polres Pessel Regu A1.


Musrenbang RKPD Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2022

Ketua Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (FLLAJ) Kabupaten Pesisir Selatan Bapak Gunawan, S.Sos., M.Si menjadi Narasumber dalam Musrenbang Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan tahun 2022, Rabu 07 April 2021 bertempat di ruang rapat Bapeda Litbang lantai 2. Kegiatan Ini juga dihadiri oleh anggota Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (FLLAJ) Kabupaten Pesisir selatan Bapak Drs. Damyursal, Lina Satria, SH dan Ketua Disabilitas Kabupaten Pesisir Selatan Suherman. dalam musrenbang ini menghadirkan pemateri dari akademisi lalu lintas yang berasal dari Universitas Andalas  


Rapat Bulanan TP3J

Dalam rangka persiapan kegiatan Program Hibah Jalan Daerah (PHJD) tahun anggaran 2021 Dinas PUTR Kabupaten Pesisir Selatan melaksanakan Rapat Bulanan TP3J yang dilaksanakan pada hari selasa tanggal 06 april 2021 di Ruang Rapat PHJD bidang Bina Marga. kegiatan ini di buka langsung oleh Bapak Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang SYAHRIWAN, ST dan di  hadiri Oleh Bapak Kepala Dinas Perhubungan Bapak Gunawan, S.Sos., M.Si juga selaku Ketua Umum Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kabupaten Pesisir Selatan dan OPD lainnya


perbaikan trafick light di simpang pasar inpres painan

sudah dilakukan perbaikan trafick light di simpang pasar inpres painan dan sudah normal kembali seperti biasanya


perbaikan jaringan Lampu

Dinas Perhubungan melakukan perbaikan jaringan lampu jalan di lokasi jl. tentara pelajar sampai dengan simpang kantor wali nagari painan selatan


perbaikan rambu-rambu yang bengkok / patah

Dinas Perhubungan Melakukan memperbaiki rambu-rambu yang bengkok/patah di jalur II salido pemeliharaan pada bidang sarana dan prasarana 


perbaikan rambu-rambu yan tertutup pohon

Dinas Perhubungan Melakukan memperbaiki rambu-rambu yang tertutup pohon di jalur II salido pemeliharaan pada bidang sarana dan prasarana 


perbaikan rambu-rambu

Dinas Perhubungan Melakukan memperbaiki rambu-rambu yang mereng di jalur II salido pemeliharaan pada bidang sarana dan prasarana 


Perbaikan Lampu Jalan

Dinas Perhubungan melakukan perbaikan jaringan lampu jalan di lokasi Banzai rawang Painan


Perbaikan drainase Musholla Al - Ikhlas Bukit Pulai Bt. kapas

Balai Pelaksana Jalan Nasional  bersama anggota FLLAJ dan Wali nagari melakukan monitoring terkait perbaikan sistem drainase pada jalan disekitar musholla Al - Ikhlas agar musholla tersebut tidak lagi terendam lumpur pada saat hujan.


SOSIALISASI BLU-e

Kepala Bidang Lalu Lintas Angkutan Jalan selaku sekretaris Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kabupaten Pesisir Selatan menghadiri sosialisasi terkait  Normalisasi dan Penegakan Hukum serta Penerapan BLU-e di Hotel Grand inna Muara Padang pada tanggal 4-5 Maret 2021.


MUSRENBANG Tingkat Kecamatan

Bapak Kepala Dinas Perhubungan selaku Ketua Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan ( FLLAJ ) Kabupaten Pesisir Selatan menghadiri Musrenbang RKPD Tahun 2022 di Kecamatan Pancung Soal yang dipimpin oleh Bupati Kabupaten Pesisir  Selatan.


sosialisi Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan

Sosialisasi Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dilaksanakan oleh Sekretariat FLLAJ pada tanggal 23 Februari 2021 bertempat di Saga Murni Hotel yang di Buka Langsung Oleh Asisten II pada Kantor Bupati Kabupaten Pesisir Selatan dan di hadiri oleh Narasumber Ahli Transportasi Bapak YOSSYAFRA, ST., M.Eng.Sc., Ph.d., ATM (MTI) dan Narasumber dari Dinas Perhubungan serta Narasumber dari Kepolisisan dengan Peserta Sosialisasi Sebanyak 60 Orang yang berasal dari Pemilik dan Komunitas Odong-odong. Kegiatan Sosialisasi ini bertemakan "Sosialisasi Menciptakan Angkutan Berbasis Komunitas yang Berkeselamatan di Kabupaten Pesisir Selatan" Diharapkan Kegiatan Sosialisasi Ini dapat Memberikan arahan dan pembinaan kepada masyarakat dan pemilik Odong-odong tentang keselamatan Lalu Lintas.


Koordinasi ke BPTD Wil. III Sumbar

Melakukan Koordinasi terkait Permintaan ZOSS di Kab. Pesisir Selatan dan permohonan perbaikan Quadrill akibat kecelakaan di Pungasan Kab. Linggo Sari Baganti 


RAPAT BULANAN FORUM LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN (FLLAJ) KABUPATEN PESISIR SELATAN

Rapat Bulanan Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (FLLAJ) Kabupaten Pesisir Selatan dilaksanakan pada hari Kamis 21 Januari 2021 bertempat di Ruang Rapat Sekretariat Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (FLLAJ) Kabupaten Pesisir Selatan- Sago. Kegiatan Rapat Ini Membahas Terkait "Penanganan Operasional Odong-odong di Wilayah Kabupaten Pesisir Selatan" Kegiatan Rapat Ini Dibuka Langsung Oleh Ketua Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (FLLAJ) Kabupaten Pesisir Selatan GUNAWAN, S.Sos., M.Si dengan Peserta Rapat dari Koodinator Bidang Keselamatan,Keamanan dan Angkutan Jalan dan juga Instansi Terkait.


PROGRAM KERJA FORUM LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN (FLLAJ) KABUPATEN PESISIR SELATAN TAHUN 2021


Sosialisasi Forum LLAJ Kabupaten Pesisir Selatan

Sosialisasi Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dilaksanakan oleh Sekretariat FLLAJ pada tanggal 13 novemberi 2020 bertempat di SMKN 1 RANAH PESISIR  yang di Buka Langsung Oleh Bapak Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kabupaten Pesisir Selatan Bapak Fadli Amra, S.H, MM dan di hadiri oleh Narasumber dari Kepolisian Kanit Dikyasa Bapak Aipda Riki Mustika, S.H dan Narasumber dari Dinas Pendidikan Kabid SMP Ibu Eli Darti M,Pd ,  dengan Peserta Sosialisasi Sebanyak 30 Orang yang berasal dari Kepala Sekolah, Komite dan Pelajar.

Kegiatan Sosialisasi ini bertemakan "Melalui Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (FLLAJ) Kita Sukseskan Pelaksanaan Program Hibah Jalan Daerah (PHJD) Tahun 2020 Dikabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat"

Diharapkan Kegiatan Sosialisasi Ini dapat Memberikan Pengetahuan mengenai Program, Fungsi serta kedudukan baik Stakeholder maupun Masyarakat di dalam Forum.


Sosialisasi FLLAJ

Sosialisasi Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dilaksanakan oleh Sekretariat FLLAJ pada tanggal 19 November 2020 bertempat di Giszella Hotel yang di Buka Langsung Oleh Bapak Kepala Dinas Kabupaten Pesisir Selatan dan di hadiri oleh Narasumber Ahli Transportasi Bapak YOSSYAFRA, ST., M.Eng.Sc., Ph.d., ATM (MTI) dan Narasumber dari Kepolisian serta Narasumber dari Dinas Pendidikan dengan Peserta Sosialisasi Sebanyak 60 Orang yang berasal dari Pemerintah dan Masyarakat. Kegiatan Sosialisasi ini bertemakan "Peran Aktif Guru dan Komite Sekolah Meningkatkan Keselamatan Jalan di Kawasan Pendidikan di Kabupaten Pesisir Selatan" Diharapkan Kegiatan Sosialisasi Ini dapat Memberikan Pengetahuan mengenai Program, Fungsi serta kedudukan baik Stakeholder maupun Masyarakat di dalam Forum.


Perbaikan lampu jalan

Tim PJU dinas Perhubungan melakukan perbaikan kabel jaringan lampu jalan pada ruas jalan menuju Puncak langkisau yang mengalami longsor.


Sosialisasi Forum LLAJ Kabupaten Pesisir Selatan

Sosialisasi Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dilaksanakan oleh Sekretariat FLLAJ pada tanggal 02  Oktober 2020 bertempat di Giszella Hotel yang di Buka Langsung Oleh Bapak Kepala Dinas Kabupaten Pesisir Selatan dan di hadiri oleh Narasumber Ahli Transportasi Bapak YOSSYAFRA, ST., M.Eng.Sc., Ph.d., ATM (MTI) dan Narasumber dari Kepolisian serta Narasumber dari Konsultan PHJD dengan Peserta Sosialisasi Sebanyak 60 Orang yang berasal dari Pemerintah dan Masyarakat.

Kegiatan Sosialisasi ini bertemakan "Melalui Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (FLLAJ)  Kita Tingkatkan Peran Pemuka Masyarakat  dan Pemuda Untuk Ketertiban dan Keselamatan Lalu Lintas Jalan di Kawasan Wisata Mandeh Kabupaten Pesisir Selatan"

Diharapkan Kegiatan Sosialisasi Ini dapat Memberikan Pengetahuan mengenai Program, Fungsi serta kedudukan baik Stakeholder maupun Masyarakat di dalam Forum.


FLLAJ

Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kabupaten Pesisir selatan, melaksanakan rapat bersama anggota forum terkait pembahasan Standar Operasional Prosedur FLLAJ pada tanggal 05 Agustus 2020.


Operasi Patuh Singgalang 2020

Ditlantas Polda Sumatera Barat akan menggelar Operasi Patuh Singgalang 2020. Operasi ini nantinya akan dilaksanakan pada 23 Juli - 5 Agustus 2020.


Pemasangan Spanduk Informasi FLLAJ

Anggota Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kabupaten Pesisir Selatan melakukan pemasangan spanduk informasi terkait FLLAJ di beberapa Nagari di kawasan mandeh, antara lain Nagari Carocok Anau, Nagari Mandeh, Nagari Sungai Nyalo dan Nagari Sungai Pinang.

Diharapkan dengan telah dipasangnya spanduk informasi ini keberadaan FLLAJ Kab. Pesisir Selatan dapat diketahui oleh Masyarakat secara luas.


Survei Titik Rawan Kecelakaan

Kelompok Kerja Forum Lalu Lintas Kabupaten Pesisir Selatan melakukan survei terhadap titik -titik rawan kecelakan maupun lokasi blackspot di kawasan Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan pada tanggal 14 Juli 2020.

Kegiatan survei ini di pimpin oleh Kasi Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kabupaten Pesisir Selatan Dasril, SH beserta anggota kelompok kerja FLLAJ.


Sosialisasi Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan

Sosialisasi Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dilaksanakan oleh Sekretariat FLLAJ pada tanggal 16  Juli 2020 bertempat di Saga Murni Hotel yang di Buka Langsung Oleh Bapak Sekeretaris Daerah Kabupaten Pesisir Selatan Bapak Ir. ERIZON, MT dan di hadiri oleh Narasumber Ahli Transportasi Bapak YOSSYAFRA, ST., M.Eng.Sc., Ph.d., ATM (MTI) dan Narasumber dari Dinas Perhubungan, dari Kepolisian serta Narasumber dari PUPR dengan Peserta Sosialisasi Sebanyak 70 Orang yang berasal dari Pemerintah dan Masyarakat.

Kegiatan Sosialisasi ini bertemakan "Melalui Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (FLLAJ) Kita Sukseskan Pelaksanaan Program Hibah Jalan Daerah (PHJD) Tahun 2020 Dikabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat"

Diharapkan Kegiatan Sosialisasi Ini dapat Memberikan Pengetahuan mengenai Program, Fungsi serta kedudukan baik Stakeholder maupun Masyarakat di dalam Forum.


Konsultasi Publik

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Pesisir Selatan melaksakan Konsultasi publik pada tanggal 14  Juli 2020 bersama Stakeholder dan Masyarakat di Ruang Rapat Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang


Pengaspalan Jalan

Ruas jalan Painan - Puncak langkisau yang sudah selesai dilakukan pengaspalan


Pembersihan Bahu Jalan dan Saluran

Kegiatan rutin pembersihan bahu jalan dan saluran yang dilakukan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang pada ruas jalan Painan - Puncak Langkisau telah selesai di kerjakan. 


Perbaikan Jalan

Proses Perbaikan lobang - lobang jalan pada ruas jalan Pasar Baru - Pasar Impres, Bayang.


Pembersihan Bahu Jalan dan Saluran

Kegiatan rutin pembersihan bahu jalan dan saluran yang dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang pada ruas jalan Tarusan - Sungai Tawar telah selesai dilaksanakan pada tanggal 29 Juni 2020.


Program Kerja FLLAJ 2020


Forum LLAJ Kab. Pessel sudah memiliki halaman pengaduan Facebook

Guna mempermudah menerima laporan atau saran dari masyarakat, FLLAJ Kab. Pesisir selatan sudah mulai mengatifkan halaman FB. Halaman FB ini nantinya tidak hanya menerima laporan atau saran namun juga memberikan informasi terkain kegiatan- kegiatan forum dan informasi terkait LLAJ.

Halaman FB ini dapat diakses melalui : https://www.facebook.com/FLLAJPessel