Pemerintahan Daerah

Partisipasi Perempuan dalam Riset Aksi tentang Uji Kelayakan Fasilitas Jalan dan Sarana Pendukungnya

Painan,18/01/24. Fasilitas umum yang nyaman, aman, dan dapat diakses oleh semua kalangan adalah kondisi yang menjadi harapan banyak warga. Fasilitas yang nyaman juga dapat meningkatkan kualitas dan efisiensi hidup para penghuninya.

Namun masih banyak fasilitas yang belum secara optimal memenuhi standar aman dan aksesibel bagi semua kalangan, terutama yang memenuhi kebutuhan kaum perempuan. Fasilitas umum yang berfungsi sebagai penyedia layanan masyarakat masih perlu ditinjau kembali apakah sudah cukup memenuhi kebutuhan masyarakat.

Atas dasar itulah IWAPI Pesisir Selatan melakukan kegiatan Riset Aksi yang diselenggarakan pada tanggal 18, 19 dan 22 Januari 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pembangunan infrastruktur di Pesisir Selatan sudah cukup inklusif terutama pada fasilitas umum dan jalan.

Lokasi Riset Aksi yang dipilih adalah jalan menuju pantai dan Taman Pantai Carocok Painan, Gedung Painan Convention Center (PCC), dan Mesjid Terapung Samudera Illahi Pantai Carocok Painan serta jalan menuju Anggar penyeberangan Pulau Cingkuak.

Riset yang dilaksanakan oleh kaum perempuan ini diharapkan dapat mengidentifikasi kebutuhan khusus dan kendala yang dihadapi oleh kaum perempuan dan penyandang disabilitas dalam mengakses jalan dan fasilitas umum. Data dan informasi yang diperoleh dari Riset ini akan membantu dalam menilai sejauhmana jalan dan fasilitas umum memenuhi standar aksesibilitas bagi pelayanan publik. Selanjutnya hasil riset aksi akan didesiminasikan oleh IWAPI Pesisir Selatan kepada Pemerintah Daerah Pesisir Selatan sebagai bentuk advokasi terpenuhinya hak warga dalam mengakses fasilitas umum terutama kaum perempuan.

Penyampaian pesan Bapak Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar yang diwakili oleh Bapak Sekda Mawardi Roska, mengatakan “Riset Aksi yang dilakukan di fasilitas umum ini adalah permulaan yang baik. Ke depannya Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan bersama seluruh unsur masyarakat akan mengakomodir guna memenuhi kelayakan fasilitas jalan dan sarana pendukung lainnya”, tegasnya di sela-sela acara.

Wali Nagari Painan Selatan, Rovel Yudhlatma, menyatakan bahwa objek wisata Carocok Painan merupakan salah satu ikon wisata yang menjadi kebanggaan Kabupaten Pesisir Selatan. “Dengan tersedianya fasilitas jalan dan sarana pendukung wisata yang layak, aman, nyaman dan berkeselamatan terwujud dengan baik, tentunya kami akan bekerjasama dengan masyarakat disekitar objek wisata untuk ikut menjaga semua fasilitas umum yang ada di lingkungannya” ujarnya.

PLT Dinas PUTR Kabupaten Pesisir Selatan, Yusvianty, juga memberikan apresiasi kepada IWAPI Pesisir Selatan atas kegiatan riset aksi yang dilaksanakan di Painan Convention Center (PCC). Ia berharap hasilnya nanti bisa dipelajari dan menjadi bahan kajian dalam merenovasi bangunan agar lebih memperhatikan kebutuhan kaum perempuan.

Sementara itu Ketua IWAPI DPC Kabupaten Pesisir Selatan, Cici Gamiaci, berharap nantinya hasil riset aksi ini dapat dijadikan landasan untuk pembangunan infrastruktur yang aksesibel bagi perempuan, lansia serta penyandang disabilitas. “Kegiatan yang dilakukan oleh tim pelaksana sudah maksimal dalam melakukan koordinasi antar dinas terkait, semua unsur yang akan menggunakan, terutama di sektor fasilitas umum dan jalan, akan merasakan manfaatnya nanti,” pungkasnya.

Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi IWAPI Kabupaten Pesisir Selatan dan Kemitraan Indonesia Australia untuk Infrastruktur (KIAT) melalui program Kesetaraan Gender dan Inklusi Sosial dalam Infrastruktur (GESIT)

Read Now

Pemerintahan Daerah

HDI: Menyongsong Hari Disabilitas Internasional 2023 PPDI lakukan Riset Aksi bagi Pembangunan yang Aksebilitas Bagi Penyandang Disabilitas

Painan,18/12. Mengambil momentum HDI, Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Pesisir Selatan melakukan Kegiatan Riset Aksi pada tanggal 7, 12 dan 13 Desember 2023. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana aksebilitas penyandang disabilitas terhadap infastruktur yang inklusif terutama pada fasilitas umum dan jalan.

Hasil riset aksi ini kelak akan didesiminasikan oleh PPDI kepada pemerintah daerah Pesisir Selatan. Diharapkan hasil riset aksi ini bisa menjadi acuan untuk pembangunan infrastruktur yang inklusif bagi penyandang disabilitas terutama di daerah Kabupaten Pesisir Selatan.

Riset Aksi ini diselenggarakan di beberapa titik lokasi. Di Taman Spora (Taman Kota) Mesjid Akbar Baiturrahman diselenggarakan pada hari Kamis, 7 Desember 2023. Sedangkan pada Selasa, 12 Desember 2023 dilaksanakan di Kantor KUA Kecamatan IV Jurai dan Bank Nagari Cabang Painan. Dan dihari terakhir PPDI Kabupaten Pesisir Selatan melakukan kegiatan riset aksi di Jalan H. Ilyas Yacub Painan pada hari Rabu, 13 Desember 2023.

Bupati Kabupaten Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar, menyatakan, kedepannya Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan akan mengakomodir hal yang sama untuk kebutuhan penyandang disabilitas. “Terutama pada tahun 2024, Pemerintah akan mengutamakan kebutuhan-kebutuhan penyandang disabilitas di sektor infrastruktur” tegasnya di sela-sela acara.

Kepala Cabang Bank Nagari Painan, Helfi Yanrika, menyatakan bahwa Bank Nagari menyambut baik riset ini, dan akan berupaya memberikan aksebilitas bagi penyandang disabilitas dan akan berupaya memenuhi standar Pembangunan yang aksesibel. “Tentunya kami akan mencoba menyampaikan ke Tingkat Pimpinan Pusat Bank Nagari dari hasil riset aksi yang dilakukan oleh PPDI Kabupaten Pesisir Selatan agar dapat ditindaklanjuti kembali” pungkasnya.

Kepala KUA Kecamatan IV Jurai, Zaimal Elpetani, memberikan apresiasi kepada PPDI terhadap kegiatan riset aksi yang dilaksanakan di kantor KUA Kec. IV Jurai dan akan mempelajari dan mengkaji serta akan merenovasi agar dapat diakses oleh penyandang disabilitas.

Sementara itu Ketua Tim Pelaksana PPDI Kabupaten Pesisir Selatan, Epon Hendrayanto, menyatakan, bahwa kegiatan riset aksi ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana aksebilitas penyandang disabilitas di Kabupaten Pesisir Selatan, terutama disektor Fasilitas umum dan jalan, sehingga nantinya dapat dijadikan sebagai landasan untuk pembangunan infastruktur yang akses bagi penyandang disabilitas.

Selanjutnya ia berharap program ini dapat menjadi pendukung untuk Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan dalam mewujudkan Kabupaten Pesisir Selatan sebagai kabupaten yang inklusif dan ramah terhadap penyandang disabilitas.

Kegiatan ini juga merupakan hasil kolaborasi PPDI Kabupaten Pesisir Selatan dengan Kemitraan Indonesia Australia untuk Infrastruktur (KIAT) melalui program Kesetaraan Gender dan Inklusi Sosial dalam Infrastruktur (GESIT).

Read Now

Pendidikan

Painan, 31 Agustus 2023

Untuk menumbuh kembangkan dan mewujudkan budaya keamanan dan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan dikalangan pelajar, perlu diberikan penghargaan melalui pemilihan pelajar pelopor keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan. Acara penyerahan penghargaan dan sertifikat oleh Kepala Dinas Perhubungan SYAFRIJONI, SH, M.Si, didampingi Kabid Keselamatan Bpk PESMAR, SE, Kasi Pemaduan Moda dan Teknologi Perhubungan Bpk NOFRIZON, S.Sos dan Tenaga IT Dishub Bpk MASRIL, S.Kom, M.Si, serta guru-guru pembimbing sekolah pemenang tingkat kabupaten.

Dalam pelaksanakan seleksi Pemilihan Pelapar Pelopor berdasarkan Berita Acara Hasil Penilaian Tim Penilai dan Narasumber Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Tingkat Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2023, Nomor 550/2275/BA/Dishub-PS/2023, tanggal 8 Agustus 2023.

Ditindaklanjuti dengan Keputusan Bupati Pesisir Selatan Nomor 550/409/Kpts/BPT-PS/2023 tentang Penetapan Pemenang Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Tingkat Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2023, sebagai berikut :

1.Nama : LIDEA ANDINI FITRI (SMA Negeri 2 Painan) Terbaik I

2. Nama : AULIA ZALPUTRI (MAN 2 Pesisir Selatan) Terbaik II

3. Nama : MUHAMMAD FARAS HEZTIO (SMA Negeri 3 Painan) Terbaik III

 

Read Now

Pemerintahan Daerah

Painan, 27 Juli 2023, Penyandang Disabilitas Bisa bekerja di Perusahaan Infrastruktur:

PPDI Menandatangani MoU dengan Tiga Perusahaan Swasta di Pesisir Selatan

Penyandang disabilitas di Kabupaten Pesisir Selatan kini dapat bekerja di perusahaan infrastruktur, kesepakatan ini merupakan hasil dari penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) dengan pihak swasta yang bergerak di bidang infrastruktur yaitu CV. Asnugrah Sejahtera, CV. Rajawali Perdana dan CV. Graphic Delapan Belas, bertempat di Sekretariat FLLAJ Kabupaten Pesisir Selatan, Sago, Kec. IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan.

Penandatanganan MoU ini bertujuan untuk penguatan keterbukaan perusahaan swasta terhadap tenaga kerja disabilitas serta memberikan kesempatan yang sama dan setara dalam proses rekrutmen, pelatihan dan peningkatan sumber daya manusia. Selain itu perusahaan juga berkomitmen untuk menciptakan tempat dan lingkungan kerja yang adil, aman dan nyaman, termasuk sarana dan prasarana inklusif bagi tenaga kerja penyandang disabilitas dalam bekerja serta berkomitmen memberikan upah, tunjangan dan asuransi perlindungan ketenagakerjaan serta perlakuan yang setara bagi tenaga kerja penyandang disabilitas sesuai posisi dan kualifikasi tenaga kerja penyandang disabilitas dengan mengacu pada ketentuan perundangan yang berlaku.

Ketua Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kabupaten Pesisir Selatan Suherman, S.Hum, MA menyatakan sangat mengapresiasi kerjasama yang sudah dilakukan oleh perusahaan swasta dan PPDI “dengan adanya kerja sama ini diharapkan dapat menambah peluang kerja/lowongan pekerjaan bagi penyandang disabilitas pada bidang infrastruktur di Kabupaten Pesisir Selatan dan juga menjadi referensi untuk persiapan kemampuan tenaga kerja disabilitas untuk bersaing dalam dunia kerja khususnya di bidang infrastruktur.”

Staf Ahli bidang Kemasyarakatan dan SDM Bupati Pesisir Selatan, Ir. Nuzirwan. N. MT, mengapresiasi usaha yang dilakukan oleh PPDI dalam keberhasilannya melobi pihak perusahaan untuk kerjasama dalam menciptakan peluang kerja bagi penyandang disabilitas, “pemerintah juga mengucapkan terima kasih kepada ketiga perusahaan yang mendukung visi dan misi pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan seluruh unsur masyarakat termasuk penyandang disabilitas. Ke depannya, diharapkan seluruh dinas terkait juga dapat bersinergi untuk memenuhi kebutuhan penyandang disabilitas di Kabupaten Pesisir Selatan.”

Pimpinan CV. Rajawali Perdana, Bayu Putra Zulliadi menuturkan bahwa perusahaan yang dia pimpin bersedia untuk bekerja sama demi kepentingan dan kemajuan penyandang disabilitas di Kabupaten Pesisir Selatan, “dengan adanya kerjasama ini penyandang disabilitas memiliki kesempatan yang sama serta hak untuk bekerja di perusahaan swasta CV. Rajawali Perdana yang bergerak dibidang perencanaan.”

Pada akhirnya, seluruh pihak yang hadir dalam acara ini sepakat dan berkomitmen dalam menciptakan pembangunan infrastruktur yang inklusif serta menciptakan kesempatan yang setara bagi penyandang disabilitas untuk mendapatkan lapangan kerja di bidang infrastruktur.

Dalam kegiatan ini Kabupaten Pesisir Selatan – Tim Kemitraaan Indonesia Australia Insfrastruktur (KIAT) beserta Gender Equality and Social Inclusion (GESIT) bekerjasama dengan Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kabupaten Pesisir Selatan selaku Penerima Dana Hibah Insfastruktur di Kabupaten Pesisir Selatan.

Read Now

Pendidikan

Hannah Hotel Syari'ah, 11 Mei 2023

Seminar Keselamatan Berlalu Lintas dengan tema "Infrastruktur yang Inklusif dan tertib berlalu lintas, mengurangi angka kecelakaan". yang dibuka oleh Wakil Bupati Pesisir Selatan, Apt. Rudi Hariyansyah, S.Si didampingi oleh Kadis Perhubungan Kabupaten Pesisir Selatan Bapak Syafrijoni, SH, MSi dan Kanit Regident Satlantas Polres Pesisir Selatan Bapak IPDA Asphari Wahyu Siregar selaku Narasumber, beserta Ketua IWAPI DPC Pessel Ibuk Cici Gamiaci, A.Md selaku Ketua Pelaksana.

Dalam sambutan Wakil Bupati Pesisir Selatan menjelaskan beberapa hal mengenai keamanan dan keselamatan dalam berlalu lintas merupakan dambaan dari seluruh pengguna jalan. Namun ironis, pengemudi kendaraan bermotor di Indonesia pada umumnya mengemudikan kendaraan tanpa dibekali dengan pengetahuan dan ketrampilan mengemudi serta etika berlalu lintas yang benar. Akibatnya jalan raya menjadi semacam "Killing Ground", bagi para pengguna jalan. Korban laka lantas setiap hari bergelimpangan di jalan raya, tanpa mengenal tua maupun muda, laki-laki ataupun perempuan.

Setiap saat kita dapat menjadi korban kecelakaan, karenanya kurang pengetahuan, ketrampilan dan etika berlalulintas. Pengguna jalan kurang memperhatikan keselamatan berlalu lintas.

Seminar Keselamatan Berlalu Lintas dihadiri oleh 17 orang Kemitraan IWAPI, 10 orang Tamu Undangan, 45 orang Siswi SMA / SMK, 28 orang Perwakilan kecamatan se Keb. Pesisir Selatan serta anggota IWAPI.

Adapun yang menjadi tujuan Seminar Keselamatan Berlalu Lintas, antara lain :

  • Mewujudkan kepekaan dan kepedulian para pemangku kepentingan dalam mewujudkan dan memelihara keselamatan berkendara.
  • Berupaya menyiapkan dan meningkatkan kualitas kemampuan dan keterampilan para pengendara kendaraan bermotor dalam berlalu lintas.
  • Membudayakan tertib berlalu lintas dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik.
Read Now

Pemerintahan Daerah

Painan, 19 September 2022

Bapak Mawardi Roska Sekretaris Daerah bertindak selaku inspektur upacara peringatan Perhubungan Nasional (Harhubnas) Tahun 2022 dan membacakan amanat Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. HURHUBNAS bertema Bangkit Maju Bersama. yang diartikan melalui sinergi dan kolaborasi bersama antar insan perhubungan di seluruh Indonesia, maka segala tantangan akan lebih mudah untuk dihadapi.

Sektor transportasi sangat terdampak oleh pandemi Covid-19, namun saat ini, upaya pemulihan sektor transportasi sudah menunjukkan hasil positif. Sejumlah pekerjaan rumah di sektor transportasi yang harus dituntaskan, seperti misalnya: peningkatan konektivitas, keselamatan transportasi, dan integrasi antar moda di seluruh Indonesia, tentunya berdampak juga Dinas Perhubungan Kabupaten Pesisir Selatan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendorong sektor transportasi untuk bangkit lebih cepat setelah dua tahun terdampak pandemi Covid-19.

Upacara dihadiri Forkopimda Pessel, dan Kepala OPD, diakhir acara Bapak Sekda menyerahkan Piagam Penghargaan I atas dedikasi inovasi dan kontribusi kerja kepada Sdr. Fauzan Afrizal, SE dan Sdri.Laura Trie Alcheria.

Read Now

Pendidikan

Painan, 01 September 2022

Pengiriman Peserta Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan LLAJ Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2022, dari hasil Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan LLAJ Tingkat Kabupaten yang diadakan di Hotel Edotel SMKN 1 Painan, tanggal 19 Juli 2022, yakni : Juara I : Nama : Aaliyah Barakatullah Asura (P) utusan SMAN 3 Painan, Juara II : Nama : Muhammad Geges Aprila (L) utusan SMAN 3 Painan.

InsyaAllah akan ikut lomba tanggal 01 s/d 02 September 2022 bertempat di UNP Hotel & Convention Center Jl. Prof. Dr. Hamka Air Tawar Kec. Padang Utara Kota Padang

Read Now

Pemerintahan Daerah

Padang 25 Agustus 2022, Rapat FLLAJ Provinsi Sumbar tentang penyusunan draft RAK LLAJ berdasarkan Peraturan Presiden No. 1 Tahun 2022 tentang Rencana Umum Nasional Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (RUNK LLAJ), dengan narasumber dari PIC KIAT ibuk Jany dan Bapak Subripno, Bapak Yossyafra, ST., M.Eng. Sc., Ph.D,. ATM, selaku Tenaga Ahli Transportasi , Universitas Andalas Padang, juga hadir perwakilan Bappenas, serta undangan penanggungjawab 5 Pilar Keselamatan lingkup Provinsi Sumbar :

  1. Pilar 1 : Sistem yang Berkeselamatan (Kementerian PPN/Bappenas)
  2. Pilar 2 : Jalan yang Berkeselamatan (Kementerian PUPR)
  3. Pilar 3 : Kendaraan yang Berkeselamatan (Kementerian Perhubungan)
  4. Pilar 4 : Pengguna Jalan yang Berkeselamatan (POLRI)
  5. Pilar 5 : Penanganan Pasca Kecelakaan (Kementerian Kesehatan)
Read Now

Pemerintahan Daerah

Batusangkar, 2 Agustus 2022, memenuhi undangan FLLAJ Provinsi Sumatera Barat yang dihadiri oleh Kabid Keselamatan, Bpk Fadli Amra, SH, MM, Kasi PKB, Bpk Yendra Rivai, ST dan Kasi Pembangunan Prasarana, Bpk Nofrizon, S.Sos. Rapat Koordinasi FLLAJ Provinsi Sumatera Barat dilaksanakan di Batusangkar Kabupaten Tanah Datar yang dibuka oleh Bupati Tanah Datar, Bpk Eka Putra. Rapat Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (FLLAJ), diikuti berbagai unsur terkait seluruh Jajaran Polres Se Provinsi Sumbar, seluruh Jajaran UPKB se Provinsi Sumbar dan seluruh pejabat FLLAJ se Provinsi Sumbar. Pembahasan tentang Tatanan Kerja Forum LLAJ dalam meningkatkan kendaraan yang berkeselamatan.....! Wacanakah....?? Atau perlu implementasikan...??

Read Now

Pemerintahan Daerah

Malang, 30 Mei 2022, Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, M.M menerima kunjungan Bupati Pesisir Selatan, Drs. Rusma Yul Anwar, M.Pd, Provinsi Sumatera Barat di Ruang Abu Dhabi Hotel Grand Mercure. Melakukan  Audiensi Pasca Program Hibah Jalan Daerah (PHJD) KSPN Mandeh , Kabupaten Malang yang dikemas dalam program Kunjungan Kerja dan Studi Komparatif Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan. Melakukan study replikasi atas pengelolaan sektor pariwisata dan pengelolaan sampah perkotaan menjadi Gas Metan (CG4) yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar kawasan TPA.

Read Now

Pemerintahan Daerah

Perbaikan Akses masuk Pos retribusi di Siguntur kecamatan Koto XI tarusan yang dilakukan oleh personil Dinas Perhubungan Kabupaten Pesisir Selatan

Read Now

Pemerintahan Daerah

Kunjungan Konsultan PHJD ke kantor Seketariat Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kabupaten Pesisir Selatan.

Read Now

Pendidikan

Rapat Bulanan Kelompok Kerja Bidang Pendidikan Lalu Lintas Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan

Read Now

Pendidikan

Polres Pesisir Selatan memalui Satuan Lalu Lintas melakukan Diskusi bersama Kepala Sekolah, Guru, siswa serta security. Kegiatan ini dilaksanankan pada 22 juli 2020 dalam rangka menciptakan keamanan dan kedisiplinan siswa baik di sekolah maupun disiplin dijalan rayaserta sosialisasi dalam rangka operasi patuh 2020.

Read Now

Pemerintahan Daerah

Rapat Koordinasi dan sekaligus Sosialisasi Program Hibah Jalan Daerah (PHJD) Yang ikuti oleh OPD Terkait dan Organisasi Masyarakat  dan Lainnya yang di pimpin oleh Ibu Asisten II. Kegaiatan ini dilaksanakan pada tanggal 11 Juni 2020 di Ruang Sekretariaat FLLAJ.

Read Now